You need to enable javaScript to run this app.

KENAPA SANTRI PERLU DILATIH BERTANI?

KENAPA SANTRI PERLU DILATIH BERTANI?

Para santri seyogyanya tidak bisa terhindarkan dari dunia pertanian. Pertanian merupakan hajat hidup manusia di sepanjang usianya. Tidak ada tani bisa dibilang tak ada yang bisa dimakan. Dengan demikian pertanian harus terus lestari. Situasi itu menjadi perhatian serius bagi Pondok Pesantren At Taqwa Muhammadiyah Miri, Sragen, Jawa Tengah. Setiap hari para santri juga diajari untuk bertani di lahan yang disediakan pesantren. Pengasuh Pondok Pesantren At Taqwa, Drs. H. Suyatman mengemukakan, pihaknya berupaya mendidik santrinya dengan berbagai kecakapan yang mumpuni, bukan hanya keterampilan dalam keagamaan dan baca kitab, namun kemampuan berwirausaha juga harus diajarkan. Salah satunya melalui pertanian dan peternakan. "Karena santri saat ini sudah serba instan. Makan sudah disediakan pondok. Nah kondisi ini menuntut pesantren untuk memupuk skill santri karena pada saatnya mereka akan kembali ke rumahnya masing-masing”.

Sebagaimana santri di zaman dahulu. Di samping setiap hari diajarkan ilmu agama, mereka juga tidak meninggalkan aspek kemampuan usaha. "Santri dulu selalu siap saat kembali ke rumahnya, karena santri sebelum ngaji diajak kiainya ke sawah, diajak ke pasar dan seterusnya," imbuhnya. Santri memang harus serba bisa sebagai bekal kelak saat berjuang di tengah masyarakat. Pasalnya, menurut kiai yang kerap disapa Mbah Guru ini kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan santri terhadap dunia usaha masih lumayan minim. Untuk itu pesantren dan segenap unsur yang dimiliki juga harus memikirkan ini. "Banyak yang masih meragukan lulusan dari pesantren. Mereka bisa apa? Ijazahnya tidak laku, life skillnya juga tidak punya. Makanya skill itu beliau-beliau ajarkan pada santrinya," ucapnya.

 

Publis : TIM IT At Taqwa

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Drs. H. Suyatman

- Mudir Pesantren -

“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:"Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan:"Berdirilah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Berikan saran untuk berkembangnya Pondok Pesantren At Taqwa Muhammadiyah Miri

Hasil
Sistem Informasi Pesantren